Tiga Kapal Perang Australia Melanggar Wilayah RI



Metrotvnews.com, Kupang: Tiga kapal perang dan tiga perahu karet milik Australia melanggar kedaulatan Indonesia di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Tiga kapal itu diketahui masuk hingga tujuh mil atau sekitar 14 kilometer dari pesisir Pulau Rote pada Senin (6/1).

Padahal jarak perairan Pulau Rote ke batas perairan RI-Australia di Pulau Pasir (Ashmore Reef) sekitar 150 kilometer. Tiga kapal perang itu masuk ke perairan Indonesia karena menghalau sebuah perahu pengangkut 45 imigran asal Timur Tengah yang berlayar ke negara tersebut.

Imigran tersebut kemudian berlayar hingga peraian Dusun Kakaek, Desa Lenupetu, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao sebelum ditangkap polisi. Imigran tersebut kemudian dievakuasi ke Kupang menggunakan kapal cepat pada Selasa (7/1).

Pelanggaran batas wilayah RI pernah terjadi pada 19 Desember 2013, juga oleh tiga kapal perang Australia yang menghalau perahu motor pengangkut 47 imigran Timur Tengah. Namun tidak ada protes dari Pemerintah Indonesia.

Ketua Yayasan Peduli Timor Barat Ferdi Tanoni menilai aksi tiga kapal Australia tersebut merupakan tindakan arogan sehingga perlu adanya tindakan tegas dari Pmerintah Indonesia .

"Tindakan Australia menghalau para imigran sampai perairan Indonesia merupakan pelecehan yang harus
diambil tindakan tegas oleh Jakarta," kata Ferdi, Selasa (7/1).

Yusuf Ibrahim, 28, salah satu dari imigran yang dihalau masuk ke Australia menunjukkan keberadaan tiga kapal perang tersebut lewat  Global Positioning System (GPS) di dekat Pulau Rote.

Menurutnya, mereka sempat ditahan selama satu setengah hari di perbatasan laut RI-Australia sebelum melanggar kedaulatan Indonesia.

"Beberapa tangan rekan saya terbakar karena disiksa memegang knalpot yang panas di ruang mesin," katanya.

Imigran tersebut terdiri dari 36 laki-laki dan sembilan perempuan, terdiri dari 28 warga Somalia, sembilan warga Sudan, tiga warga Mesir, dua Nigeria dan Yaman masing-masing dua orang, serta Ghana dan Lebanon masing-masing satu orang. Saat ini imigran ditampung Hotel Ina Bo'i Kupang. (Palce Amalo)

0 Response to "Tiga Kapal Perang Australia Melanggar Wilayah RI"

Post a Comment

Komenan Di Blog Coretan Saya Sudah Memakai System backlink jadi Kalau Mau Komen Pilih Nama/URL saja biar Berbagi Back link